MATERI INFORMATIKA KELAS 7
RANGKUMAN MATERI INFORMATIKA SEMESTER
GANJIL
1.
Berpikir Komputasional/ Komputatif
a. Konsep
Berpikir Komputatif
Berpikir
komputatif adalah berpikir dengan cara menggunakan
seperangkat teknik dan pendekatan untuk membantu memecahkan masalah yang
efektif dan efisien. Berpikir komputatif sangat diperlukan karena membantu kita
menyelesaikan masalah dengan efektif dan efisien. Contoh nyata apabila kita
mampu berpikir secara komputatif adalah ketika kita akan mengunjungi tempat
baru kita merencanakan rute tercepat menuju tempat itu terlebih dahulu agar
tidak tersesat dan juga lenih menghemat waktu.
b. 4
Tahapan/ Prinsip Berpikir Komputatif
1) Dekomposisi
Dekomposisi
berarti metode atau cara untuk memecahkan suatu masalah yang kompleks ke dalam
bagian kecil agar lebih mudah dipahami dan diolah. Jika terdapat masalah yang
kompleks dan rumit tidak didekomposisi, maka masalah tersebut akan sulit untuk
dipahami dan diselesaikan.
Contoh
penerapan dekomposisi di sekolah, misalnya ketika ingin melakukan
kegiatan atau inisiatif baru di sekolah, maka prosesnya yaitu dengan membangun
rencana yang strategis, membuat visi program, mencari dukungan dan segala
sesuatu yang terlibat. Contoh lain adalah saat ingin mengembangkan sebuah game,
maka akan lebih mudah jika membuat game tersebut dengan cara membuatkan
level permainan itu sendiri daripada membuat game sekaligus.
Akan lebih mudah lagi apabila pegawai mengerjakan secara spesifik mengenai game.
2) Abstraksi
Abstraksi merupakan suatu metode berpikir
komputasional yang mengutamakan terhadap hal-hal yang berhubungan langsung
dengan masalah yang sedang dihadapi. Selain itu, konsep abstraksi ini akan
meninggalkan berbagai macam hal yang dianggap tidak bisa digunakan untuk
menyelesaikan suatu masalah. Dengan kata
lain, seseorang yang melakukan abstraksi berarti mampu memilah informasi
penting dengan tepat.
Contoh sederhananya dalam melakukan
proses abstraksi yaitu ketika kita berada di sebuah ruangan yang di dalamnya
terdapat banyak benda dan ingin mencari buku dalam ruangan tersebut, tentu mata
kita hanya akan fokus kepada benda yang berhubungan dengan buku serta
mengabaikan benda-benda lain di sekitarnya seperti mainan, meja makan, kasur
dan benda lainnya yang ada di sekitar kita.
3) Pengenalan
Pola
Pengenalan pola adalah suatu metode yang memanfaatkan
komputer yang digunakan untuk menemukan sebuah keteraturan yang ada di dalam
data dan untuk mendapatkan informasi yang lebih penting agar bisa memahami
tentang keteraturan yang sudah ditemukan. Pengenalan pola ini biasanya
dilakukan ketika kita mengenali seseorang dari suara, wajah, bahkan pengenalan
pola ini bisa digunakan untuk memprediksi cuaca. Pada suatu fenomena alam,
sebenarnya pengenalan pola sudah bisa dilihat pada pola rotasi bumi, pola rasi
bintang, pola pada daun, dan sebagainya.
4) Algoritma
Algoritma adalah suatu pola pikir yang biasa digunakan untuk merencanakan langkah-langkah yang bersifat sistematis untuk memecahkan masalah yang sedang terjadi. Meskipun, algoritma ini sering dikaitkan dengan penghitungan, tetapi metode berpikir ini bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam masalah yang ada di dalam kehidupan sehari-hari.
2.
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
a. Pengenalan Antarmuka Pengguna (GUI)
GUI adalah bentuk antarmuka pengguna dengan menggunakan ikon dan elemen grafis sebagai pengganti perintah berbasis teks yang ditikkan.
b. Folder dan File
Folder adalah tempat penyimpanan elektronis yang menyimpan file elektronis atau folder lain.
File adalah unit penyimpanan di komputer, yang akan dibaca atau ditulis.
Media penyimpanan elektronis antara lain adalah hard disk, kartu memori, flash drive, dll.
Ekstensi File adalah nama pendek setelah tanda titik diakhir nama file. Contoh: .jpg (untuk file gambar), .doc/.docx (untuk file dokumen), .ppt (untuk file presentasi), .exe (untuk file exel).
File explorer adalah aplikasi default (bawaan) pada sistemoperasi microsoft windows untuk pengolahan file. File explorer berfungsi untuk membuat folder, menyalin folder, membuat file, menyalin file, menghapus file, memindahkan file maupun folder ketempat lain, serta mencari file.
Copy (ctrl+c) berfungsi untuk menyalin file/folder.
Cut (ctrl+x) berfungsi untuk memindahkan file/folder
Paste (ctrl+v) berfungsi untuk menempelkan hasil salinan/pemindahan file/folder
C. Peramban dan Searh Engine
Browser web: perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk mengakses informasi di internet.
Url : halaman web
Back : kembali kehalaman selanjutnya
Forward : maju kehalaman sebelum back
Stop: untuk menghentikan transfer data
Refresh: menyegarkan kembali tampilan
Bookmark: pembatas buku
D. Surel
Langkah-langkah membuat akun Gmail:
1. Buka halaman login akun google
2. Klik buat akun
3. Masukkan nama anda
4. Dikolom nama pengguna ketik nama pengguna (nama anda)
5. Masukkan dan konfirmasi kata sandi anda
6. Klik berikutnya
7. Verifikasi alamat email anda yang dikirimkan melalui nomer hp atau email yang sudah ada
8. Klik berikutnya
E. Dampak Teknologi
Dampak Positif:
1. Mempercepat komunikasi
2. Mempermudah pekerjaan
Dampak negatif:
1. Menumbuhkan sifat individualisme yang tinggi
2. Sikap anti sosial dan kriminalitas cyber
Komentar
Posting Komentar