MATERI INFORMATIKA KELAS 7

 

RANGKUMAN MATERI INFORMATIKA SEMESTER GANJIL

1.         Berpikir Komputasional/ Komputatif

a.    Konsep Berpikir Komputatif

Berpikir komputatif adalah berpikir dengan cara menggunakan seperangkat teknik dan pendekatan untuk membantu memecahkan masalah yang efektif dan efisien. Berpikir komputatif sangat diperlukan karena membantu kita menyelesaikan masalah dengan efektif dan efisien. Contoh nyata apabila kita mampu berpikir secara komputatif adalah ketika kita akan mengunjungi tempat baru kita merencanakan rute tercepat menuju tempat itu terlebih dahulu agar tidak tersesat dan juga lenih menghemat waktu.

 

b.    4 Tahapan/ Prinsip Berpikir Komputatif

1)    Dekomposisi

Dekomposisi berarti metode atau cara untuk memecahkan suatu masalah yang kompleks ke dalam bagian kecil agar lebih mudah dipahami dan diolah. Jika terdapat masalah yang kompleks dan rumit tidak didekomposisi, maka masalah tersebut akan sulit untuk dipahami dan diselesaikan.

Contoh penerapan dekomposisi di sekolah, misalnya ketika ingin melakukan kegiatan atau inisiatif baru di sekolah, maka prosesnya yaitu dengan membangun rencana yang strategis, membuat visi program, mencari dukungan dan segala sesuatu yang terlibat. Contoh lain adalah saat ingin mengembangkan sebuah game, maka akan lebih mudah jika membuat game tersebut dengan cara membuatkan level permainan itu sendiri daripada membuat game sekaligus. Akan lebih mudah lagi apabila pegawai mengerjakan secara spesifik mengenai game.

 

2)    Abstraksi

Abstraksi merupakan suatu metode berpikir komputasional yang mengutamakan terhadap hal-hal yang berhubungan langsung dengan masalah yang sedang dihadapi. Selain itu, konsep abstraksi ini akan meninggalkan berbagai macam hal yang dianggap tidak bisa digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Dengan kata lain, seseorang yang melakukan abstraksi berarti mampu memilah informasi penting dengan tepat.

Contoh sederhananya dalam melakukan proses abstraksi yaitu ketika kita berada di sebuah ruangan yang di dalamnya terdapat banyak benda dan ingin mencari buku dalam ruangan tersebut, tentu mata kita hanya akan fokus kepada benda yang berhubungan dengan buku serta mengabaikan benda-benda lain di sekitarnya seperti mainan, meja makan, kasur dan benda lainnya yang ada di sekitar kita.

 

3)    Pengenalan Pola

Pengenalan pola adalah suatu metode yang memanfaatkan komputer yang digunakan untuk menemukan sebuah keteraturan yang ada di dalam data dan untuk mendapatkan informasi yang lebih penting agar bisa memahami tentang keteraturan yang sudah ditemukan. Pengenalan pola ini biasanya dilakukan ketika kita mengenali seseorang dari suara, wajah, bahkan pengenalan pola ini bisa digunakan untuk memprediksi cuaca. Pada suatu fenomena alam, sebenarnya pengenalan pola sudah bisa dilihat pada pola rotasi bumi, pola rasi bintang, pola pada daun, dan sebagainya.

 

4)    Algoritma

Algoritma adalah suatu pola pikir yang biasa digunakan untuk merencanakan langkah-langkah yang bersifat sistematis untuk memecahkan masalah yang sedang terjadi. Meskipun, algoritma ini sering dikaitkan dengan penghitungan, tetapi metode berpikir ini bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam masalah yang ada di dalam kehidupan sehari-hari.

 

2.    TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

a.    Pengenalan Antarmuka Pengguna (GUI)

GUI adalah bentuk antarmuka pengguna dengan menggunakan ikon dan elemen grafis sebagai pengganti perintah berbasis teks yang ditikkan.

b. Folder dan File

Folder adalah tempat penyimpanan elektronis yang menyimpan file elektronis atau folder lain.

File adalah unit penyimpanan di komputer, yang akan dibaca atau ditulis.

Media penyimpanan elektronis antara lain adalah hard disk, kartu memori, flash drive, dll.

Ekstensi File adalah nama pendek setelah tanda titik diakhir nama file. Contoh: .jpg (untuk file gambar), .doc/.docx (untuk file dokumen), .ppt (untuk file presentasi), .exe (untuk file exel).

File explorer adalah aplikasi default (bawaan) pada sistemoperasi microsoft windows untuk pengolahan file. File explorer berfungsi untuk membuat folder, menyalin folder, membuat file, menyalin file, menghapus file, memindahkan file maupun folder ketempat lain, serta mencari file.

Copy (ctrl+c) berfungsi untuk menyalin file/folder.

Cut (ctrl+x) berfungsi untuk memindahkan file/folder

Paste (ctrl+v) berfungsi untuk menempelkan hasil salinan/pemindahan file/folder

C. Peramban dan Searh Engine

Browser web: perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk mengakses informasi di internet. 

Url : halaman web

Back : kembali kehalaman selanjutnya

Forward : maju kehalaman sebelum back

Stop: untuk menghentikan transfer data

Refresh: menyegarkan kembali tampilan

Bookmark: pembatas buku

D. Surel

Langkah-langkah membuat akun Gmail:

1. Buka halaman login akun google

2. Klik buat akun

3. Masukkan nama anda

4. Dikolom nama pengguna ketik nama pengguna (nama anda)

5. Masukkan dan konfirmasi kata sandi anda

6. Klik berikutnya

7. Verifikasi alamat email anda yang dikirimkan melalui nomer hp atau email yang sudah ada

8. Klik berikutnya


E. Dampak Teknologi

Dampak Positif:

1. Mempercepat komunikasi

2. Mempermudah pekerjaan

Dampak negatif:

1. Menumbuhkan sifat individualisme yang tinggi

2. Sikap anti sosial dan kriminalitas cyber





Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI BASA JAWA 7: 3. TEKS CRITA WAYANG

MATERI BASA JAWA KELAS 9 : 3. PANATACARA LAN PAMEDHAR SABDA ( PIDHATO)

MATERI BHS. JAWA KLS 7: 4. TEMBANG KREASI