MATERI SBK KLS 8: MENGGAMBAR MODEL

MENGGAMBAR MODEL

 

A.   PENGERTIAN MENGGAMBAR MODEL

Menggambar Model adalah proses kegiatan menggambar yang dilakukan dengan menggunakan model sebagai obyek gambarnya.

Menggambar model dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:

1.    Menggambar secara langsung obyek yang dijadikan gambar, bukan sekedar mengandalkan ingatan.

2.    Menggambar secara tidak langsung, yaitu menggambar dari foto (reproduksi). Spt: foto hasil jepretan kamera, foto di majalah, koran, dsb.

 

B.   KONSEP DAN PROSEDUR MENGGAMBAR MODEL

Kegiatan menggambar model dapat dilakukan dengan cara terlebih dahulu menentukan obyek yang dijadikan model untuk digambar. Obyek yang dapat dijadikan model untuk digambar dapat berupa:

Ø  Tumbuh-tumbuhan (Flora)

Ø  Hewan (Fauna)

Ø  Manusia

Ø  Alam Benda

 

1.      Prinsip-prinsip Menggambar Model

a.    Komposisi

Yaitu susunan atau tata cara menyusun dan mengatur unsur-unsur seni rupa menjadi karya seni yang memiliki nilai-nilai keindahan.

 

Prinsip-prinsip Komposisi:

Ø  Kesatuan (Unity)

Adalah pertautan bagian-bagian dalam sebuah karya seni rupa.

Ø  Keselarasan (Harmony)

Adalah prinsip yang digunakan untuk menyatukan unsur-unsur seni rupa walaupun berasal dari berbagai bentuk yang berbeda.

Ø  Kontras (Contrast)

Adalah perbedaan yang diperoleh karena adanya unsur yang berlawanan.

Ø  Irama (rhytm)

Adalah pengulangan satu atau beberapa unsur secara teratur dan terus-menerus.

Ø  Keseimbangan (Balance)

Adalah kesan yang didapat dari suatu susunan yang diatur sedemikian rupa sehingga terdapat daya tarik yang sama/ seimbang pada tiap-tiap sisi susunan.

Ø  Gradasi

Adalah penyusunan warna berdasarkan tingkat perpaduan berbagai warna secara berangsur-angsur melemahatau menguat.

Ø  Aksentuasi

Adalah unsur yang sangat menonjol atau berbeda dengan unsur-unsur yang ada disekitarnya.

 

                                    Bentuk-bentuk Komposisi:

Ø  Komposisi Simetris

Benda diletakkan pada posisi seimbang antara sebelah kiri dan kanan, keseimbangan benda yang sama dalam bentuk dan ukurannya.


Ø  Komposisi Asimetris

Benda diletakkan pada posisi tidak sama baik dalam posisi maupun ukurannya.


Ø  Komposisi Sentral

Pusat perhatian benda atau obyek model gambar terletak ditengah-tengah bidang gambar.

 

b.    Proporsi

Yaitu perbandingan bagian-bagian satu dengan bagian lainnya secara keseluruhan.


c.    Perspektif

Yaitu cara menggambarkan atau melukiskan suatu benda pada permukaan yang mendatar sebagaimana yang terlihat oleh mata dengan tiga dimensi (panjang, lebar, dan tingginya).

Hukum Perspektif dalam seni rupa:

Ø  Benda yang besar semakin jauh terlihat semakin kecil.

Ø  Benda yang tinggi semakin jauh terlihat semakin rendah.

Ø  Garis sejajar yang mengarah ke horizon akan bertemu disatu titik hilang.

Ø  Garis sejajar dengan horizon akan tetap terlihat sejajar dengan horizon.

Ø  Garis tegak lurus dengan horizon digambar tetap tegak lurus dengan horizon.

Ø  Letak garis horison pada bidang gambar menunjukkan letak benda terhadap tinggi mata orang yang menggambar.

Ø  Warna benda semakin jauh makin pucat (pudar).

Ø  Bidang bulat akan terlihat atau digambar menjadi elips.

 

2.      Unsur-unsur Menggambar Model

a.    Titik

b.    Garis

Macam-maca garis: Garis lurus, lengkung, patah, putus-putus, horizontal, vertikal, diagonal, zig-zag, spiral.


c.    Bidang

Garis-garis yang saling berpotongan akan membentuk bidang.

 

d.    Bangun/ Bentuk/ Shape

Adalah bentuk luar suatu benda.


e.    Warna

Warna ada 3, yaitu:

Ø  Warna primer (warana pokok) : Merah, Kuning, Biru.

Ø  Warna Sekunder adalah perpaduan 2 warna primer.contohnya: Biru+kuning= Hijau ; Biru+ Merah= Ungu; Merah+Kuning= Orange

Ø  Warna Tertier adalah warna yang berasal dari perpaduan warna sekunder. Contoh: Coklat.

f.     Gelap Terang

Putih dan hitam yang dihasilkan dari pencahayaan.

g.    Tekstur

Adalah sifat permukaan benda seperti kasar, halus, lembut, licin, mengkilap, kusam. Jenis tekstur ada 2, yaitu:

Ø  Tekstur nyata, tekstur yang terdapat pada patung.

Ø  Tekstur semu, tekstur yang ada pada gambar.

h.    Isi dan Ruang

Bagian benda yang pejal disibut isi, sedangkan bagian bendayang nampak kosong disebut ruang.

 

3.      Alat dan Bahan Menggambar Model

a.    Pensil

Pensil yang keras dan warna yang dihasilkan tidak begitu hitam adalah pensil dengan kode H. Sedangkan pensil dengan sifat yang lunak dan mengahsilkan warna hitam pekat adalah yang berkode B.

b.    Penghapus

c.    Pensil Warna

d.    Rautan/ Peruncing

e.    Krayon/ Pastel

f.     Cat Air

g.    Kertas

 

4.      Teknik Menggambar Model

a.    Teknik Linier

Adalah cara menggambar objek gambar dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan, baik gari lurus maupun garis lengkung.

b.    Teknik Blok

Adalah cara menggambar dengan menutup objek gambar menggunakan satu warna, sehingga hanya terlihat bentuk globalnya saja.

c.    Teknik Arsir

Adalah cara menggambar dengan garis-garis menyilang atau sejajar untuk menntukan gelap terang objek gambar sehingga tanmpak tiga dimensi.

d.    Teknik Dusel

Adalah cara menggambar yang penetuan gelap terang objek gambar menggunakan pensil gambar yang digoreskan dalam posisi miring, kemudian diratakan dengan sobekan kertas/ jari telunjuk sehingga arah goresannya tidak terlihat.

e.    Teknik Pointilis

Adalah cara menggambar yang dalam penentuan gelap terang objek gambar menggunakan pensil/ pena pada gambar dengan dititik-titikkan.

f.     Teknik Aquarel

Adalah cara menggambar dengan menggunakan cat air dengan sapuan warna yang tipis, sehingga hasilnya transparan/ tembus pandang.

g.    Teknik Plakat

Adalah cara menggambar yang menggunakan bahan cat poste/ cat air dengan sapuan warna yang tebal sehingga hasilnya tampak pekat dan menutup.

 

5.      Tahapan-tahapan Menggambar Model

a.    Mempersiapkan objek gambar (model) yang akan digambar.

b.    Membuat sketsa.

c.    Berikan kesan gelap terang pada setiap bagian objek dengan menggunakan arsiran sampai terlihat perbedaannya.

d.    Buatlah detail pada setiap objek.

e.    Perjelas setiap bagian dengan warna yang sesuai model.

f. Penyelesaian akhir gambar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI BASA JAWA 7: 3. TEKS CRITA WAYANG

MATERI BASA JAWA KELAS 9 : 3. PANATACARA LAN PAMEDHAR SABDA ( PIDHATO)

MATERI BHS. JAWA KLS 7: 4. TEMBANG KREASI